Badan Tenaga Nuklir Nasional Demo Teknologi Pertanian di Boalemo

Rio Larekeng   |   Pertanian Dan Peternakan  |   Selasa, 18 September 2018 - 04:03:13 WIB   |  dibaca: 162 kali
Badan Tenaga Nuklir Nasional Demo Teknologi Pertanian di Boalemo

Tilamuta-MediaCenter, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memaparkan hasil pengembangan benih padi Sidenuk di Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo, Senin (17/9).

Pemaparan hasil riset tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Mohamad, Muspika Kecamatan Wonosari dan petani padi di Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo.

Petani binaan Batan, Bahar mengatakan varietas padi ini mampu menghasilkan rata-rata 13 ton per hektar, namun hasilnya pun tergantung petani itu sendiri, jika dikelola dengan baik maka hasilnyapun akan baik.

Bahar juga menyampaikan bahwa kolaborasi yang baik untuk bibit jenis ini adalah dengan menggunakan pupuk organik.

Sementara itu, Sekretaris Pertama Batan Ir. Valconi Margono mengatakan bahwa saat ini Batan sudah menghasilkan kurang lebih 23 varietas hasil pengembangan dibidang pertanian, salah satunya Sidenuk. “Sidenuk sendiri diambil dari singkatan dedikasi nuklir,” ucap Valconi Margono.

Ia juga menjelaskan bahwa varietas benih padi ini merupakan hasil riset pengalihan energi nuklir yang besar sehingga bisa dikendalikan dan bisa bermanfaat salah satunya dibidang pertanian dan menghasilkan varietas padi. (Bakohumas/Irwan)

Profil Rio Larekeng

Rio Larekeng

Nothing Speciall


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook