Wabup Anas Apresiasi Simpro dan Sipintar

Rio Larekeng   |   Daerah  |   Jumat, 19 Oktober 2018 - 12:42:18 WIB   |  dibaca: 139 kali
Wabup Anas Apresiasi Simpro dan Sipintar

Wakil Bupati Anas Jusuf didampingi Kepala Dinas PUPR Gerson Samin (kanan) dan Perwakilan Kejaksaan Negeri Tilamuta (kiri) pada launching SiMPro dan SIPINTAR, Kamis (18/10) di Ruang Rapat Dinas PUPR Kabupaten Boalemo

Tilamuta-MediaCenter, Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf mengapresiasi, peluncuran aplikasi Sistem Informasi Manajemen Proyek (SiMPro) dan Sistem Informasi Penataan Ruang (Sipintar) oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Boalemo.

Wabup Anas bahkan mengatakan, aplikasi ini bukan nanti akan bermanfaat kedepan namun sudah berguna bagi Pemerintah Kabupaten Boalemo sebelum diluncurkan secara resmi. “Ini sangat luar biasa, waktu kami rapat dengan Pabrik Gula Gorontalo kemarin, dalam rangka perpanjangan izin, dengan Sipintar, langsung kelihatan wilayah mana saja yang bisa dimanfaatkan, ” kata Wabup Anas, Kamis (18/10) di ruang rapat Dinas PUPR Kabupaten Boalemo.

“Mungkin kalau belum ada sipintar ini, kita masih mencari-cari, mungkin masih meminta peta dari PG lalu dioverlap peta dari RTRW dan akan dihitung lagi secara manual,” ungkap Wabup Anas. Ia mengaku, dengan bantuan aplikasi ini proses keluarnya izin tidak membutuhkan waktu lama. “Begitu permohonan izin 34 hektar diajukan oleh PG Gorontalo, itu langsung kelihatan hanya 24 hektar yang bisa diberikan izin oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan ada 10 hektar yang tidak bisa diberikan izin,” jelas Anas Jusuf.

“Andaikan sistem ini belum ada, bisa saja pemohon masih berkilah, apa alasannya, mengapa yang bisa direkomendasi tidak sesuai dengan permohonan dan lain-lain. lagi,” ujar Anas Jusuf. Wabup Anas-pun mengakui, aplikasi ini bisa menyelamatkan pemerintah dari jeratan hukum akibat penyalahgunaan dokumen perizinan.

“Bayangkan jika lahan 10 hektar yang tidak bisa dimanfaatkan tadi kita beri izin, maka kita semua didalamnya akan terlibat dengan masalah hukum,” kata Wabup Anas Jusuf.

Profil Rio Larekeng

Rio Larekeng

Nothing Speciall


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook