Tumopat, Solusi Cepat Terbitkan KIS

Rio Larekeng   |   Info Dinas  |   Sabtu, 24 November 2018 - 07:40:20 WIB   |  dibaca: 174 kali
Tumopat, Solusi Cepat Terbitkan KIS

Foto Ilustrasi, Buku Nikah, Sumber : Radar Cirebon

Tilamuta-MediaCenter, Program Tumopat (Bahasa Gorontalo) atau Tuwawu Mo’otapu Wopato (Urus Satu Dapat Empat) merupakan inovasi pelayanan publik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Boalemo bagi warga yang akan mengurus dokumen kependudukan.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Boalemo Teguh Jatmika mengatakan, Tumopat ini lahir berdasarkan pengalamannya saat baru 2 bulan menjabat sebagai Kadis Dukcapil,  banyak masalah timbul pada proses penerbitan akte lahir anak untuk pemenuhan Kartu Indonesia Sehat (KIS), banyak warga yang tak dapat menunjukan dokumen pendukung untuk menerbitkan akte lahir anak, seperti buku nikah, dan kartu keluarga disisi lain mereka sudah sangat membutuhkan KIS.

“Akte lahir tidak bisa serta merta kami terbitkan jika tidak dilengkapi dengan buku nikah dan kartu keluarga, masalah ini kerap terjadi pada pasangan yang menikah namun tidak tercatat sehingga tidak memiliki buku nikah,” ungkap Teguh Jatmika, Jum’at (23/11/) di Tilamuta.

Buku nikah merupakan akar dari semua dokumen kependudukan, jika akte lahir dipaksa harus cetak tanpa menunjukan buku nikah, maka akan tertuang dalam KK status pernikahan yang tidak sah, begitupun dengan akte kelahiran, redaksinya menuliskan lahir dari seorang ibu kandung namun akan tanpa ayah kandung.

“Maka ini kami carikan solusinya, kami sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui puskesmas dan dokumen kependudukan ini akan berawal dari puskesmas,“ jelas Teguh Jatmika.

Pasien persalinan di puskesmas akan diwajibkan membawa buku nikah, selanjutnya data ibu, ayah dan anak yang diinput oleh petugas puskesmas saat itu juga diteruskan ke Dukcapil, sehingga NIK untuk kelahiran baru, akte kelahiran, KK dan KIA (Kartu Identitasi Anak) sudah siap untuk cetak.

“Maka setelah persalinan, warga tidak perlu mengantri lama untuk memproses 4 dokumen tersebut, cukup menunjukkan copy bukuh nikah saja, 4 dokumen itu langsung kami cetak karena datanya sudah masuk lebih awal, sehingga penerbitan KIS-pun akan lebih cepat,” terang Teguh Jatmika (Syahril Mointi/ Rio)

Profil Rio Larekeng

Rio Larekeng

Nothing Speciall

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

1
11 Februari 2019 - 09:58:52 WIB

1

SOFYAN UTIARAHMAN
09 Juli 2019 - 21:54:22 WIB

buku nikah bukan merupakan penentu sah atau tidaknya perkawinan,buku nikah adalah tanda bukti bahwa telah dicatatkannya suatu peristiwa perkawinan sesuai perundang undangan yg belaku, namun perkawinan yg terjadi sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- masing itu adalah sah, bukan karena tidak ada buku nikah, perkawinan akan menjadi tidak sah.

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook