Rogoh Kocek Sebanyak Rp.83 Juta, Bupati Boalemo Bantu Warga Moliliulo

H. Lapasau   |   Daerah  |   Jumat, 22 Maret 2019 - 13:11:29 WIB   |  dibaca: 62 kali
Rogoh Kocek Sebanyak Rp.83 Juta, Bupati Boalemo Bantu Warga Moliliulo

Tilamuta, MediaCenter – Kepedulian Bupati Boalemo Darwis Moridu terhadap masyarakatnya benar-benar dirasakan warga Dusun Molliliulo Desa Tangga Barito Kecamatan Dulupi. Tidak tanggung-tanggung Ia mengeluarkan dana pribadi sejumlah kurang lebih Rp.83 juta untuk dibagikan kepada rakyatnya.

Dana yang terbilang cukup besar tersebut diserahkan secara simbolis pada kegiatan Boalemo Melayani Warga (BMW),  Rabu, (20/3) di Dusun Moliliulo dalam bentuk alsintan dan Benih Jagung.

“Hari ini Pak Bupati juga menyerahkan bantuan yang diambil dari dana pribadi beliau berupa mesin pompa air sebanyak 5 unit, Hand Sprayer 5 unit dan bantuan benih jagung untuk 20 orang anggota kelompok tani yang harganya bila di totalkan kurang lebih Rp.83 juta,” Kata Kadis Pertanian Sofyan Hasan selaku Panitia BMW.

Sofyan menuturkan, selain bantuan pribadi Bupati Darwis juga menyerahkan bantuan yang bersumber dari APBN berupa benih padi ladang, benih jagung bisi dua serta bantuan pupuk urea.

“Pak Bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan yang bersumber dari APBN antara lain pupuk urea sejumlah 1520 koli dengan rincian perorang mendapat pupuk sebanyak 2 koli,” kata Sofyan.

Sementara itu Bupati Boalemo Darwis Moridu disela-sela kegiatan tersebut mengatakan, dirinya berharap kiranya bantuan yang disalurkan tersebut dapat bermanfaat bagi para petani Dusun Moliliulo.

“Harapan saya, semoga apa yang sudah diberikan ini bisa membantu para petani di Moliliulo serta dapat miningkatkan ekonomi masyarakat, dan tolong alsintan ini dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Darwis.

Lebih lanjut Bupati Darwis menjelaskan, untuk bidang pertanian, Kabupaten Boalemo di tahun 2019 ini mendapat alokasi bantuan benih jagung dari pemerintah pusat, melalui program bantuan pada kegiatan monokultur sebesar 26.850,75 ha dan tumpangsari tanaman (Turiman) baik padi, jagung serta kedelai seluas 10 ribu ha.

“Khusus Dusun Moliliulo, kelompok tani yang mendapat program Turiman sebanyak 18 kelompok tani dengan jumlah anggota 547 orang dan luas lahan sebesar 643 ha,” Kata Bupati.

Jumlah anggaran yang digunakan untuk kegiatan tersebut menurut bupati Boalemo, khusus Dusun Moliliulo Desa Tangga Barito Kecamatan Dulupi sebesar Rp. 864.835.000.

“Ini salah satu contoh bantuan Pemerintah untuk menunjang peningkatan produksi dan produktifitas komoditas tanaman pangan serta komoditas lainnya yang berorientasi pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Boalemo,” Tutup Bupati Darwis. (HL)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook