ASB Salah Satu Instrumen Anggaran Berbasis Kinerja

Admin   |   Daerah  |   Jumat, 12 April 2019 - 14:47:22 WIB   |  dibaca: 53 kali
ASB Salah Satu Instrumen Anggaran Berbasis Kinerja

Tilamuta, MediaCenter – Analisis Standar Belanja (ASB) merupakan salah satu salah satu instrumen anggaran berbasis kinerja, hal ini diungkap Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf pada pembukaan Kegiatan Implementasi Simren Tahunan (11/4/2019) di Kota Gorontalo.

“Analisis Standar Belanja (ASB) merupakan salah satu instrumen anggaran berbasis kinerja sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah No.105 Tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah,” kata Wabup Anas.

Ia menyebut, ASB bertujuan untuk menyusun anggaran berdasarkan kinerja yang akan dicapai dan dapat dinilai kewajarannya secara ekonomi, efisien dan efektif.

Disamping itu, anggaran daerah dalam konteks otonomi dan desentralissi mendudui posisi yang sangat penting, anggaran daerah dengan paradigma lama belum menggunakan sistem aplikasi sehingga sulit mengukurnya.

“Untuk menghindari permasalahan yang timbul dan agar keluaran anggaran daerah berdasarkan pada kewajaran ekonomi, efisien dan efektif, maka anggaran daerah harus disusun berdasarkan kinerkan kinerja yang akan dicapai oleh daerah,” jelas Wabup Anas.

Sehingga anggaran daerah akan lebih transparan adil dan dapat dipertanggungjawabkan dan salah satu instrumen yang diperlukan untuk menyusun anggaran daerah dengan pendekatan kinerja adalah ASB.

Profil Admin

Admin

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Boalemo


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook