Bupati Kukuhkan Tim Reaksi Cepat Tingkat Kabupaten Boalemo

H. Lapasau   |   Daerah  |   Kamis, 25 April 2019 - 19:59:34 WIB   |  dibaca: 29 kali
Bupati Kukuhkan Tim Reaksi Cepat Tingkat Kabupaten Boalemo

Tilamuta, MediaCenter – Bupati Boalemo Darwis Moridu melantik dan mengukuhkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Tingkat Kabupaten Boalemo di lapangan Alun-alun Tilamuta, Kamis (25/4/2019).

Pengukuhan tersebut dilaksanakan disela-sela Upacara Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tingkat Kabupaten Boalemo Tahun 2019.

Dalam sambutannya Bupati Darwis menjelaskan, TRC Kabupaten Boalemo memiliki tugas pengkajian secara cepat dan tepat dilokasi bencana dalam waktu tertentu, guna mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan sarana prasarana serta gangguan terhadap fungsi pelayanan umum.

“Dengan dibentuknya Tim Reaksi Cepat ini, diharapkan dapat melaksanakan kegiatan kaji cepat bencana dan dampaknya pada saat tanggap darurat dan koordinasi dengan seluruh pihak terkait,” ujar Bupati.

Sehingga menurutnya, penanganan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tapi seluruh pihak-pihak yang terkait dalam tim tersebut.

Selain itu Bupati Darwis juga menambahkan, momentum HKBN tersebut kiranya menjadi motivasi kaum perempuan untuk bisa membangun ketangguhan keluarga dalam menghadapi situasi darurat bencana.

“Saat bencana, kaum Ibulah yang paling rentan terkena dampak. Karena selain harus menyelamatkan dirinya sendiri, seorang ibu juga harus berpikir akan keselamatan anak-anak dan anggota keluarga lainnya,” ujar orang nomor satu di Bumi Damai Bertasbih.

Olehnya itu ia berharap, dampak negatif ketika terjadi bencana dapat ditekan melalui peningkatan peran perempuan. (HL)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook