Pimpin HBP, Bupati Sampaikan Amanat Menteri Hukum dan HAM

H. Lapasau   |   Daerah  |   Minggu, 28 April 2019 - 15:19:37 WIB   |  dibaca: 25 kali
Pimpin HBP, Bupati Sampaikan Amanat Menteri Hukum dan HAM

Tilamuta, MediaCenter – Bupati Boalemo Darwis Moridu menyampaikan amanat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI ketika dirinya memimpin Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-55 Tahun 2019 di Aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Boalemo, Sabtu (27/4/2019).

Pada kegiatan yang dihadiri Kepala Lapas Kelas II B Boalemo Totok Budiyanto, Kapolres Boalemo Ade Permana dan peserta Upacara Bupati Darwis menyampaikan, peringatan HBP ke 55 ini tidak hanya dijadikan piranti nostalgia untuk mengenang histori.

“Lebih dari sekedar nostalgia mengenang histori, kegiatan ini tentu harus mampu menjadi warisan semangat juang dan pengabdian para pendahulu sebagai peletak dasar pemasyarakatan,” ucap Bupati.

Bupati Darwis menambahkan, meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan, para pendahulu tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi sehingga dapat mewujudkan pemulihan kembali kesatuan hubungan hidup, kehidupan dan penghidupan bagi narapidana.

“Paradigma harus berubah, UPT Pemasyarakatan harus ditransformasikan sebagai pranata sosial untuk menyiapkan masyarakat yang Tangguh, berketerampilan dan memiliki produktifitas tinggi yang siap berkompetisi dalam persaingan global,” ujar Bupati Darwis Moridu.

Lanjut dia mengatakan, perawatan yang dilakukan kedepan tidak dapat lagi dilakukan secara jeneral, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan intervensinya.

“Revitalisasi juga dibangun untuk membentuk sebuah aliran dalam mendistribusikan kepadatan hunian dari Lapas super maksimum, maksimum, medium dan pengamanan minimum berdasarkan pada tingkat resiko sehingga tidak terjadi over kapasitas disuatu tempat,” kata Bupati.

Untuk itu, melalui momentum tersebut Bupati Boalemo Darwis Moridu menyampaikan apresiasinya  serta ucapan selamat kepada keluarga besar pemasyarakatan atas dedikasi dan pengabdiannya.

“Kepada seluruh keluarga besar Pemasyarakatan, saya ucapkan Dirgahayu Pemasyarakatan, selamat Hari Bakti kepada setiap insan-insan pemasyarakatan diseluruh penjuru tanah air khususnya Kabupaten Boalemo. Indonesia selalu menanti dharma baktimu,” pungkas Bupati Boalemo Darwis Moridu.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Boalemo Totok Budiyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo atas perhatian dan dukungan yang diberikan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Boalemo Bapak Haji Darwis Moridu beserta jajarannya, selama bertugas disini saya melihat beliau selalu menyempatkan diri hadir dan sangat mendukung kegiatan-kegiatan kami selama ini,” kata Ka Lapas Boalemo.

Ka Lapas Budiyanto mengatakan, pihaknya terus berupaya menerapkan program-program yang sama seperti ada di daerah-daerah besar lainnya.

“Dan Alhamdulillah selama saya bertugas disini, kita mencoba Lapas Boalemo ini akan saya samakan dengan program-program yang ada di Jawa, Sumatera dan Kalimantan, sehingga bisa meningkatkan warga binaan kami untuk bisa lebih berprestasi ke tingkat nasional,” kata Ka Lapas Totok Budiyanto. (HL)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook