Hadapi Tantangan Kemanan Cybernas, Sekda dan Kominfo Boalemo Hadiri FGD

H. Lapasau   |   Daerah  |   Kamis, 11 Juli 2019 - 17:19:43 WIB   |  dibaca: 87 kali
Hadapi Tantangan Kemanan Cybernas, Sekda dan Kominfo Boalemo Hadiri FGD

Tilamuta, MediaCenter – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boalemo didampingi Kabid Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Boalemo menghadiri Forum Group Discussion (FGD) Sektor Pemerintah Tahun 2019 yang diselenggarakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Selasa (10/7/2019) di Hotel Mercure Ancol Jakarta.

Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut mengusung tema "Kolaborasi Instansi Pemerintah Dalam Menghadapi Tantangan Keamanan Cyber (Siber) Nasional" dan dibuka langsung oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan FGD ini, sebagai media diseminasi informasi terkait kebijakan BSSN di sektor pemerintah seperti sebagai wadah sosialisasi layanan BSSN di sektor pemerintah, diantaranya Gov-CSIRT Indonesia juga sebagai wadah diskusi dan berbagi informasi terkait strategi dan solusi atas permasalahan yang dihadapi, dalam menyelenggarakan penanggulangan dan pemulihan insiden siber pada sektor pemerintah.

Dalam sambutannya Syahrul Mubarak mengajak semua pemangku kepentingan, baik sektor pemerintah, sektor swasta serta akademisi untuk berpartisipasi aktif, berkolaborasi dan bersinergi untuk mewujudkan keamanan siber di Indonesia.

Serta membangun kerja sama dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber pada sektor pemerintah, membangun kapasitas sumber daya penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber pada sektor pemerintah dan mendorong pembentukan CSIRT (Computer Security Incident Response Team) pada sektor pemerintah.

Sementara itu Sekretaris Daerah Boalemo Husain Etango mengatakan, dalam materi kegiatan tersebut menjelaskan bahwa setiap daerah sudah harus mengimplemantasikan SPBE (sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Selain itu, semua aplikasi diharapkan dapat menerapkan sertifikat digital atau tanda tangan elektronik, serta BSSN mengharapkan untuk semua provinsi membentuk tim Gov CSIRT yang diikuti dengan pembentukan CSIRT di Kab/Kota. (HL)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook