Bupati Boalemo Paparkan Progres Pemerintah Dihadapan Kapusluh Kementerian Pertanian

H. Lapasau   |   Daerah  |   Rabu, 07 Agustus 2019 - 18:10:51 WIB   |  dibaca: 28 kali
Bupati Boalemo Paparkan Progres Pemerintah Dihadapan Kapusluh Kementerian Pertanian

Tilamuta, MediaCenter – Kunjungan kerja Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) Kementerian Pertanian ke Kabupaten Boalemo, dimanfaatkan Bupati Darwis Moridu untuk memaparkan kemajuan Daerahnya dalam bidang pertanian, Rabu (7/8/2019) di Aula Jagung Dinas Pertanian Boalemo.

Progres Pemkab Boalemo tersebut menurut Bupati, yakni antara lain upaya menjadikan Kabupaten Boalemo sebagai penyuplai jagung terbesar di Provinsi Gorontalo, dan hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Kabupaten Boalemo dalam meningkatkan produksi jagung sebesar 171 % pada tahu 2019.

“Upaya yang kami lakukan ditahun 2019 ini adalah seiring dengan program Kementerian Pertanian dalam rangka mensukseskan program PAJALE,” ujar Bupati Darwis.

Bupati mengatakan, hal tersebut didukung dengan beberapa terobosan yakni dibukanya akses jalan usaha tani sebanyak 49 unit diseluruh desa, memberikan bantuan Alsintan, Pupuk dan Bibit tanaman perkebunan, serta memberikan kendaraan roda dua kepada para penyuluh pertanian.

“Selain membenahi infrastruktur dan fasilitas tenaga penyuluh, kami juga menaikkan jumlah BOP Daerah untuk penyuluh sebesar Rp. 750.000 tiap bulan serta Kordinator BPP sebesar Rp. 2.000.000 setiap Bulan dan juga bekerja sama dengan pihak Perbankkan dalam pemberian modal kerja kepada petani,” kata Bupati.

Bupati Darwis menambahkan, Pemerintah juga membangun kerja sama dengan TNI guna dalam memajukan Pertanian di Kabupaten Boalemo.

“Selama ini, kami membangun kerja sama dengan TNI guna untuk mengawasi serta memajukan pertanian di Kabupaten Boalemo dan bentuk apresiasi terhadap kerja sama ini Pemkab Boalemo memberikan insentif kepada para Babinsa yang ada di Boalemo,” kata Bupati.

Kepala Pusat Penyuluhan Kementerian Pertanian Lely Nurjati dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah dan Masyarakat atas pencapaiannya untuk memajukan pertanian di Kabupaten Boalemo

“Kami sangat mengapresiasi atas pencapaian yang begitu banyak dan juga kinerja Kabupaten Boalemo terutama sebagai sentra tanaman jagung, dan ini nomor satu di Gorontalo,” kata Kapus Penyuluh.

Lely Nurjayati berharap, kiranya kedepan nanti tidak hanya jagung yang menjadi unggulan, akan tetapi Kabupaten Boalemo bisa menigkatkan produktifitas tanaman pertanian lainnya.

“Untuk jagung di Boalemo sudah tidak diragukan lagi, namun kami mengharapkan juga untuk padipun Boalemo bisa memberikan kontribusi yang signifikan di Provinsi Gorontalo. Kami melihat dari data yang ada di Kabupaten Boalemo, luas baku sawah sekarang mencapai 5875 ha. Mari kita optimalkan penggunaan lahan ini tidak hanya produksi jagung namun juga untuk produksi padi,” katanya. (Omi Teman/HL)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook