Untuk Pertama Kalinya, Cengkeh Berbuah Di Dataran Rendah Ibukota Boalemo

H. Lapasau   |   Pertanian Dan Peternakan  |   Minggu, 22 September 2019 - 11:50:35 WIB   |  dibaca: 143 kali
Untuk Pertama Kalinya, Cengkeh Berbuah Di Dataran Rendah Ibukota Boalemo

Tilamuta, MediaCenter – Indonesia memang tanah surga, penggalan kalimat tersebut terbukti dengan berbuahnya tanaman cengkeh di dataran rendah Ibukota Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo untuk pertama kalinya.

Berbuahnya cengkeh miliki Udin Duda, salah seorang warga Dusun I Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta, mematahkan pesimisme sebagian besar masyarakat tentang tumbuh kembangnya tanaman cengkeh di wilayah dataran rendah.

“Saya rasa ini hal yang baru di Boalemo dalam bidang pertanian. Dan hal ini juga menepis anggapan sebagian besar masyrakat yang tidak yakin jika tanaman cenkeh bisa berbuah didataran rendah seperti Desa Lahumbo ini,” ujar Udin Duda.

Udin mengaku, tanaman cengkeh miliknya yang ditanam dalam waktu kurang lebih empat tahun tersebut, merupakan jenis bibit sansibar yang dia peroleh dari salah satu wilayah Kabupaten Bone Bolango.

“Cengkeh yang saya tanam ini merupakan jenis sansibar yang saya dapat dari Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango,” katanya

Dia berharap, kiranya selain tanaman jagung, padi dan kepala, Pemerintah Kabupaten Boalemo juga dapat mempertimbangkan tanaman cengkeh menjadi tanaman unggulan Kabupaten Boalemo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini Boalemo dikenal dengan JAPAKE, yakni Jagung, Padi dan Kelapa. Nah dengan berhasilnya cengkeh berbuah di dataran rendah seperti Lahumbo, maka kiranya Pemerintah Daerah dapat mempertimbangkan dan memperhatikan tanaman ini untuk menjadi salah satu komditi unggulan Boalemo sehingga istilah kerennya menjadi “JAPAKE CING” ucanya sambil tersenyum. (HL)

Profil H. Lapasau

H. Lapasau

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

credit card
28 Oktober 2019 - 02:22:21 WIB

After I originally left a comment I appear to have
clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now each time a comment is added I receive 4 emails with the exact same
comment. Perhaps there is a way you can remove me from that service?

Kudos!

http://kaa.dn.ua/gb
04 November 2019 - 01:04:36 WIB

Wow, that's what I was seeking for, what a information! present here at
this webpage, thanks admin of this web page.

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook