DPPKBP3A Boalemo Gelar Seminar Peingkatan Kapasitas Fokal Poin Pengarusutamaan Gender

H. Lapasau   |   Daerah  |   Selasa, 01 Oktober 2019 - 23:46:01 WIB   |  dibaca: 33 kali
DPPKBP3A Boalemo Gelar Seminar Peingkatan Kapasitas Fokal Poin Pengarusutamaan Gender

Tilamuta, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten Boalemo melalui DPPKBP3A Boalemo menggelar seminar  Peningkatan Kapasitas Fokal Poin Pengarusutamaan Gender Tingkat Kabupaten Boalemo, Selasa (1/10/2019) di hotel Grand Amalia Tilamuta.

Kegiatan tersebut dibuka Asisten II Setda Boalemo Mus Moha dan dihadiri Plt. DPPKBP3A Sutriyani Limula, Narasumber dan Kasubag Perencanan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Boalemo.

Pada kesempatan itu Plt. DPPKBP3A Sutriyani Lumula menyampaikan, pengarusutamaan gender ditujukan untuk pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan.

“Pengarusutamaan gender dalam pembangunan, merupakan strategi mengintegrasikan perspektif gender dalam pembangunan  yang dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pemantauan evaluasi seluruh kebijakan, program dan kegiatan pembangunan,” katanya.

Dalam sambutannya Asisten II Setda Boalemo mengatakan, gender merupakan salah satu isu utama dalam pembangunan, khususnya pembangunan sumber daya manusia.

“Sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan penguatan kapasitas kelembagaan pengarusutamaan gender. namun masih ada kesenjangan antara perempuan dan laki-laki,” kata Asisten II Mus Moha.

Menurutnya, permasalahan paling mendasar dalam upaya peningkatan kualitas hidup perempuan adalah, pendekatan pembangunan yang belum mengakomodir tentang pentingnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam mendapatkan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan.

“Pengarusutamaan gender diperlukan sebagai salah satu strategi untuk mewujudkan pembangunan yang dapat dinikmati secara adil, efektif dan akuntabel oleh seluruh masyarakat baik perempuan maupun laki-laki,” ujarnya

Oleh karena itu, komitmen dan keseriusan serta partisipasi dari tim fokal poin sebagai perencana SOPD menjadi salah satu keberhasilannya. (HL)

Sumber : Arman/Humas

Profil H. Lapasau

H. Lapasau


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook